Andelia, Ines (2023) DESAIN WOODY PUZZLE PADA SUB POKOK BAHASAN RANGKA MANUSIA UNTUK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
7. INES ANDELIA.pdf
Download (620kB)
Abstract
Tujuan penelian ini untuk mendesain media pembelajaran Biologi mengetahui validitas dan praktikalitas desain woody puzzle pada sub pokok bahasan rangka manusia untuk Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yaitu proses pengembangan dan validasi pendidikan. Rancangan Pengembangan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D. Model 4D merupakan salah satu model desain pembelajaran sistematik. Berdasarkan hasil validitas media oleh pakar media diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas media pembelajaran biologi berbasis desain woody puzzle dengan nilai rata-rata skor 4,2 dengan perentase 84.4% pada kategori valid/praktis, hasil validitas materi oleh pakar materi diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas materi media pembelajaran biologi berbasis desain woody puzzle nilai rata-rata 4 dengan skor 80%. Hasil tanggapan guru diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil media pembelajaran biologi berbasis desain woody puzzle dengan nilai rata-rata skor 80%. Uji coba kelompok kecil diperoleh hasil praktikalitas 10 orang siswa berada 89%. Hal ini berarti media pembelajaran biologi berbasis desain woody puzzle dalam proses pembelajaran sudah termasuk pada kategori praktis. uji coba kelompok besar diperoleh hasil praktikalitas 35 orang siswa berada 73%. Hal ini berarti desain woody puzzle pada sub pokok bahasa rangka manusia untuk untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama sudah termasuk pada kategori praktis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:12 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 03:12 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1743 |