MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA BOLA BERWARNA DI TK MELATI DESA KEMBANG PASEBAN KECAMATAN MERSAM KABUPATEN BATANG HARI

Amana, Nur (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA BOLA BERWARNA DI TK MELATI DESA KEMBANG PASEBAN KECAMATAN MERSAM KABUPATEN BATANG HARI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
13. NUR AMANA.pdf

Download (664kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “:Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Bola Berwarna di Tk Melati Desa Kembang Paseban Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari” yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media bola berwarna pada anak usia 5-6 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi. Target keberhasilan dalam penelitian ini dengan perhitungan persentase mencapai 85% dari jumlah anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan kemampuan kognitif anak meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan
bola berwarna pada tindakan pra siklus sebesar 34%, meningkat pada siklus I pertemuan I menjadi 45,5% dan pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 49,7%. Dan pada siklus II pertemuan I menjadi 75,5%, dan meningkat pada pertemuan siklus II pertemuan menjadi 91,7%. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatatan bola berwarna ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Melati Desa Kembang Paseban Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:29
Last Modified: 06 Nov 2024 03:29
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item
View Item