PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI

Alika, Putri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
9. PUTRI ALIKA.pdf

Download (661kB)

Abstract

Tujuan dari skripsi ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran probingprompting dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Desain penelitian menggunakan model Jhon Elliot. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan siswa melalui probing-prompting kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi, dimana keberhasilan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 57,24 dan pada siklus II 81,15. Persentase jumlah siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi yang mencapai KKM pada siklus II lebih tinggi dibandingkan dengan persentase pada siklus I yaitu. Pada siklus I aktivitas siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi masih berpusat pada guru sehingga nilai siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi berada pada kategori rendah dengan persentase 57,24. Pada siklus II mengalami peningkatan aktivitas siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi pada kategori sangat tinggi memperoleh persentase sebesar 81,15 dimana terdapat perubahan perilaku dan keaktifan siswa sebagai hasil dari proses belajar baik secara fisik maupun mental.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:01
Last Modified: 06 Nov 2024 03:01
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item
View Item