PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DIKELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MERANGIN PROVINSI JAMBI

Sakur, Ahmad Khoiron Abdan (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DIKELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MERANGIN PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
2. AHMAD KHOIRUN.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya problematika pembelajaran aqidah akhlak yang ada di sekolah. Pada era ini masih ditemukannya siswa – siswi di sekolah yang kurang memperhatikan akhlak ketika bertemu dengan orang lain. Guru sebagai seorang pendidik diharapkan mampu mengatasi problematika tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran aqidah akhlak serta bagaimana upaya dalam mengatasinya pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Merangin Jambi. Adapun teknik penentuan penelitian ini menggunakan purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Merangin Jambi, adalah sebagaimana proses pembelajaran pada umumnya. Metode yang digunakan ketika pembelajaran seperti mengamati, diskusi, dan tanya jawab. Sarana dan prasarana yang digunakan juga sudah cukup lengkap. Problematika pembelajan aqidah akhlak yang sering terjadi seperti pada kurangnya minat belajar, kurangnya penerapan materi pada kehidupan sehari – hari, kemudian pada metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa, serta pengaruh lingkungan yang buruk. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika pembelajaran aqidah akhlak pada kelas XI yaitu dengan memberikan motivasi nasihat, memberikan contoh perilaku yang baik serta memahami karakteristik siswa. Sedangkan upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan menerapkan peraturan – peraturan yang ketat dan mengadakan kegiatan – kegiatan islami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:22
Last Modified: 06 Nov 2024 02:22
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item
View Item