PENGARUH PENERAPAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VIII MTS NURUL ISLAM MUARA BUNGO

Syafriyadi, Syafriyadi (2023) PENGARUH PENERAPAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VIII MTS NURUL ISLAM MUARA BUNGO. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18. SYAFRIYADI.pdf

Download (798kB)

Abstract

Dalam pembelajaran fiqih, Number Heads Together (NHT) dapat digunakan sebagai variasi dari pengajaran dan pemberlajaran fiqih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dari NHT dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo. Penelitian ini
adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini merupakan semu experimental dengan rancangan factorial 2x2. Populasi dari penelitian ini adalah siswa VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo. Jumlah populasi 123 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling; jumlah sampel adalah 62 siswa. Siswa dari kelas B sebagai kelas eksperimental dan mahasiswa dari kelas C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mengukur motivasi belajar. Data dalam penelitian ini dianalisis secara manual dengan rumus uji t dan anova 2 arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh NHT terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih, (2) terdapat pengaruh motivasi
belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih, (3) terdapat interaksi NHT dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa NHT adalah sebuah model pembelajaran yang efektif di dalam mengajarkan mata pelajaran fiqih. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa NHT dapat digunakan sebagai strategi pengajaran mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 05 Nov 2024 08:42
Last Modified: 05 Nov 2024 08:42
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item
View Item