MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 MUARO JAMBI

Hafifah, Fitriya Zaitul (2023) MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
14. FITRIYA.pdf

Download (352kB)

Abstract

Bimbingan konseling adalah suatu proses pemberian bantuan kepada individu baik perorang maupun per kelompok yang dilakukan oleh seorang ahli (guru bimbingan konseling). Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui manajemen guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Muaro Jambi. Untuk mengetahui langkah langkah yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan Sekolah Menengah Pertama Pertama Negeri 14 Muaro Jambi. Untuk mengetahui hambatan-hambatan guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan siswa di sekolah menengah pertama Negeri 14 Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dalam bentuk deskriptif analisis, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan suatu keadaan atau sifat seperti adanya untuk kemudian dianalisis dengan teknik analisa kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil peneltian dan pembahasan Manajemen Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa di Sekolah menengah pertama Negeri 14 Muaro Jambi. bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan siswa. Pertama menanyakan masalah yang di hadapi oleh peserta didik, kedua peserta didik harus dapat mengatasi masalahnya sendiri, ketiga Guru bimbingan konseling memberikan reinforcement atau penguatan kepada peserta didik apa saja yang harus dilakukan peserta didik, dan yang terakhir guru bimbingan konseling memberikan nasehat, hambatan-hambatan guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan siswa keterbatasan atau fasilitas yang lengkap (Media dan sarana prasarana). Adanya stigma bahwasanya bimbingan konseling itu untuk murid yang bermasalah padahal bimbingan konseling itu maknanya luas tidak hanya terbatas pada anak yang bermasalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:13
Last Modified: 05 Nov 2024 07:13
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item
View Item