UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN LITERASI KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP N 17 KOTA JAMBI

Hasibuan, Neni Iswanti (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN LITERASI KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP N 17 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of NENI ISWANTI HASIBUAN (201190369)-1 - Neni Iswanti Hasibuan-16-22.pdf] Text
NENI ISWANTI HASIBUAN (201190369)-1 - Neni Iswanti Hasibuan-16-22.pdf

Download (409kB)

Abstract

"Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lunturnya budaya literasi
karena minat literasi baca siswa-siswi di Indonesia masih sangat kurang. Literasi
tidak hanya diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulis saja, tetapi
memiliki makna dan implikasi dari keterampilan (pengetahuan) dasar menuju
proses pemahaman yang menyebabkan pembaca dapat mengidentifikasi ide-ide
penting yang kemudian diintegrasikan dengan pengetahuan awal dan membangun
situasi model. Selain itu, dengan literasi siswa dapat memiliki integrasi nilai-nilai
yang lebih dan juga ilmu pengetahuan yang mempengaruhi kecerdasan mereka.
Dalam menyikapi hal ini tentunya guru pendidikan agama islam mengupayakan
dalam meningkatkan budaya literasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan budaya
literasi siswa di sekolah sekolah menengah pertama negeri 17 kota jambi.
Penelitian ini juga adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data utama
yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, pustakawan, siswa-siswi
kelas VII C, sumber data tambahan berupa dokumen sekolah. Teknik
pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) pembiasaan literasi dengan
jadwal yang berbeda, dan penerapan gerakan literasi sekolah (GLS) membaca 15
menit sebelum pembelajaran; (2) upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan
agama islam beragam, seperti membaca materi sebelum pembelajaran dimulai,
dilakukan apersepsi, diskusi bersama, setoran hapalan, dan melakukan
pembelajaran di luar kelas; (3) faktor dari pendukung dari pemerintah, orang tua,
guru, serta sarana dan prasarana yang mendukung, sedangkan faktor penghambat
adalah internal dari diri siswa sendiri.
Kata Kunci : Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Literasi Keagamaan."

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:30
Last Modified: 05 Nov 2024 03:30
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item
View Item