Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Proses Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Jauharen Kota Jambi

Safitri, Neni (2022) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Proses Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Jauharen Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Neni Safitri 203180019 Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Jauharen Kota Jambi  - NENI SAFITRI.pdf] Text
Neni Safitri 203180019 Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Jauharen Kota Jambi - NENI SAFITRI.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen Sarana dan
Prasarana di MTs Al-Jauharen, gambaran bagaimana faktor pendukung dan
penghambat dalam proses pembelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Jauharen

Tanjung Johor kota jambi, gambaran bagaimana upaya Madrasah Tsanawiyah Al-
Jauharen Tanjung Johor Kota Jambi dalam peningkatan proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala
Sekolah, guru-guru dan siswa sebagai informan. Teknik analisis/ pengolahan data
data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3)
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana di Madrasah
Tsanawiyah Al–Jauharen itu ada perencanaan, pengadaan, pendistribusian,
penggunaan, inventarisasi, pengawasan dan pemeliharaan, serta penghapusan. Sarana
prasarana banyak belum terpenuhi dikarenakan kurangnya Dana BOS dan banyak
kebutuhan yang dikeluarkan. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran yaitu
sudah dilengkapinya alat-alat pembelajaran di kelas seperti buku LKS, papan tulis.
Sedangkan faktor penghambatnya itu dari dari gurunya seperti telat masuk kelas dan
metode pembelajaran yang tidak menarik, sedangkan dari siswa itu ada faktor internal
seperti dari dalam diri siswa dan faktor eksternal seperti lingkungan, sarana prasarana

xi

dan fasilitas-fasilitas sekolah lainnya.Upaya yang dilakukan dalam proses
pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Jauharen Kota Jambi yaitu guru berusaha
sebisa mungkin melengkapi sarana prasarana untuk kebutuhan siswa dan
memanfaatkan sarana prasarana yang ada, sekolah juga mengikuti pelatihan-pelatihan
dan menggunakan media pembelajaran yang menarik agar terciptanya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 27 May 2024 04:21
Last Modified: 27 May 2024 04:21
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item
View Item