Upaya Guru Al-Qur'an Hadits Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Siswa Kelas IV Di MIN 4 Muaro Jambi

Anandari, Anggi Trida (2023) Upaya Guru Al-Qur'an Hadits Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Siswa Kelas IV Di MIN 4 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 2. ANGGI TRIDA ANANDARI.pdf] Text
2. ANGGI TRIDA ANANDARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya guru al-qur'an hadits terhadap kemampuan baca tulis al-qur'an di MIN 4 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik pemeriksaan keabsahan data secara triangulasi yakni metode sintesa data terhadap kebenarannya dengan menggunakan metode pengumpulan data yang lain. Hasil penelitian dapatlah disimpulkan bahwa: bentuk kesulitan siswa dalam membaca al al-qur'an adalah 1) kesulitan dalam penyebutan huruf sesuai makhrijul huruf, 2) kesulitan dalam menyambung huruf ke huruf yang lain, 3) kesulitan membaca al-qur'an sesuai dengan tajwid. Faktor yang menghambat guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur'an 1) kurangnya konsentrasi siswa, 2) intelegensi siswa, 3) rendahnya minar dan motivasi belajar peserta didik untuk membaca al-qur'an, 4) jam pelajaran siang. Upaya guru al-qur'an hadits terhadap kemampuan baca tulis al-qur'an 1) senantiasa memberikan motivasi kepada peserta didik untuk membaca al-qur'an, 2) menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien, 3) kegiatan tambahan bagi anak yang belum lancar membaca al-qur'an, 4) memberikan tugas tambahan untuk orang tua di rumah, 5) menerapkan peraturan ketika pembelajaran sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 04 Nov 2024 04:48
Last Modified: 04 Nov 2024 04:48
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item
View Item