Salma, Salma (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KOTA PRABUMULIH. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
SALMA.pdf
Download (710kB)
Abstract
Di Indonesia sendiri persaingan memperebutkan nasabah bank bias dikatakan masih sangat ketat. Ini di tunjukkan pada dengan munculnya banyak perusahaan bank yang berdiri, baik bank milik pemerintah maupun swasta dengan berbagai produk perbankan yang tidak terlepas dari unsur layanan. Oleh karena itu untuk memenangkan persaingan ini pihak perusahaan bank harus bisa memenuhi suatu kepuasan nasabah. Peneliian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan penanganan keluhan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah IndonesiaKota Prabumulih yaitu berjumlah 4904 nasabah. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Probability Sampling. Tipe penarikan sampel yang digunakan adalah tipe pengambilan anggota sampel secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi itu atau disebut Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 nasabah dihitung dengan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan bantuan analisis program SPSS Versi 29.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan memiliki nilai sebesar 4,448 >1,984 dengan nilai signifikan 0,01 < 0,05. Penanganan keluhan tidak berpengaruh dan tidak Karna signifikannya tehadap nasabah sebesar 1,383 < 1,984 dengan taraf signifikan 0,170 > 0,05. Sedangkan secara simultan kualitas pelayanan dan penanganan keluhan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sebesar 16,941 > 3,10 dengan taraf signiifkan 0,01 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 08:02 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 08:02 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1661 |