SUNDARI, DEVITA SRI (2023) PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAN PENERAPAN NILAI ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BSI KCP JAMBI SIPIN. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
WM DEVITA SRI SUNDARI 502171850 - Devita SriSundari-14-22.pdf
Download (344kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan produk berpengaruh terhadap kepuasan Nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Jambi Sipin. Untuk mengetahui penerapan nilai Islam berpengaruh terhadap UUkepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Jambi Sipin; dan untuk mengetahui keunggulan produk dan penerapan nilai Islam secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Jambi Sipin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini memiliki jenis tujuan penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan.Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner. Metode analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menyimpulkan variabel keunggulan produk (X1) tidak berpengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah sedangkan penerapan nilai-nilai Islam (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah di Bank BSI KCP Jambi Sipin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel keunggulan produk (X1) dan nilai islam (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BSI KCP Jambi Sipin. Kemudian diketahui R Square sebesar 0,981 berarti 98,1%, artinya hubungan antara keunggulan produk tidak berpengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah sedangkan penerapan nilai-nilai Islam terhadap kepuasan nasabah sebesar 98,1% yaitu memiliki hubungan yang sangat erat. Hal ini berarti bahwa variabel-variabel bebas yaitu keunggulan produk dan nilai Islam mampu menjelaskan variabel terikat yaitu kepuasan nasabah. Sedangkan sisanya sebesar (100% - 98,1% = 1,9%) dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:31 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:31 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1659 |