Purnomo, Muhammad Farid Dwiki (2023) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Muhammad Farid Dwiki.pdf
Download (329kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Kota Jambi. SMP Islam Al-Falah Jambi menghadapi beberapa tantangan, seperti rendahnya hasil belajar peserta didik, kurangnya pemahaman guru tentang kurikulum, dan kesulitan dalam menyusun materi pembelajaran yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah Guru dan siswa-siswi kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi dalam implementasi kurikulum merdeka di SMP Islam Al-Falah kota Jambi meliputi struktur kurikulum, capaian pembelajaran dan asesmen pembelajaran. Begitupula, Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut masuk dalam kategori jalur mandiri berubah dengan menggunakan struktur kurikulum merdeka serta menerapkan prinsip-prinsip kurikulum merdeka. Adapun faktor penghambat dalam penerapan kurikulum merdeka adalah pemahaman awal kurikulum merdeka, sedangkan faktor yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan kurikulum merdeka adalah adanya pembekalan SDM dari Kepala Sekolah, pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi guru serta sarana prasarana yang memadai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:19 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:19 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1657 |