ROMAYANI, ANNISA SRI (2023) Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Livewoorksheet Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Pondok Karya Pembangunan Al Hidayah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian inil membahas tentangl Elektronik Lembar Kerjal Peserta lDidik (E-LKPD) Berbasis Liveworksheets Pada Mata Pelajaran Fikih. Liveworksheets merupakanl sebuah aplikasil yang dapatl diakses secaral online melaluil browser, aplikasi liveworksheets ini mengubah bahanl ajar Lembarl Kerja Pesertal Didik (LKPD) cetak (ldokumen, pdf, ljpg, atau PNG) menjadi bahanl ajar ataul menjadi llatihan online interaktifl yang sekaligusl otomatis mengkoreksil jawaban yangl telah ldiisi oleh siswa sehingga membantu para guru. Penelitianl ini bertujuanl untuk mengetahuil peningkatan minatl belajar siswal menggunakan E-LKPD lberbasis liveworksheets pada mata pelajaran fikih. Pendekatan yangl digunakan ldalam penelitian inil ialah Researchl And Developmentl dan menggunakan lmodel pengembangan lADDIE. Teknik pengumpulanl data dalaml penelitian lini menggunakan ujil validasi paral ahli lmateri, bahasa, media dan menggunakan angket. Adapun tujuan penelitian ini mencakup: (1). Untuk mengetahui penggunaan E-LKPD pada mata pelajaran fikih kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Pondok Karya Pembangunan Al Hidayah Kota Jambi. (2). Untuk mengetahui langkah-langkah dalam membuat E-LKPD berbasis liveworksheets pada mata pelajaran fikih kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Pondok Karya Pembangunan Al Hidayah Kota Jambi. (3). Untuk mengetahui kefektifan,kepraktisan dan kevalidan E-LKPD berbasis liveworksheets pada mata pelajaran fikih kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Karya Pembangunan Al Hidayah Kota Jambi. Hasil penelitian: (1). Penggunaan E-LKPD mata pelajaran fikih kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Pondok Karya Pembangunan Al Hidayah Kota Jambi belum digunakan. (2). Langkah-langkah dalam membuat E-LKPD berbasis liveworksheets melalui proses pengembangan E-LKPD menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. (3). Uji keefektifan E-LKPD berdasarkan hasil uji N-Gain didapati skor 61,19% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Kepraktisan produk berdasarkan hasil angket didapati skor 100% dan Validitas produk dengan 6 orang ahli didapati skor 89,86% yang termasuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut maka E-LKPD cukup efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:21 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:21 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1651 |