Ashari, Jamal (2023) UPAYA GURU NGAJI ANTARA MAGHRIB DAN ISYA DALAM MENGAJAR BACA AL-QUR’AN DI MASJID AL- HIDAYAH KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
JAMAL 201190327.pdf
Download (277kB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya santri yang kurang mampu dalam belajar alqur’an, Tujuan penelitian ingin mengetahui sejauh mana Upaya Guru Ngaji Antara Magrib Dan Isya Dalam Mengajar Baca Al-Qur’an Di Masjid Al Hidayah Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di masjdi Al Hidayah Alam Barajo Kota Jambi. Subjek penelitian yaitu guru PAMI
dan para santri. Jenis datanya yaitu data primer dan sekunder. Sumber datanya berupa manusia, suasana, foto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan data yaitu perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama Upaya Guru Pengajian Antar Maghrib Dan Isya dalam mengajar baca al-Qur’an yaitu (1) pembiasaan dalam membaca alquran; (2) memahami karakter peserta didik; (3) memilih metode yang tepat untuk belajar membaca alquran; (4) menciptakan tempat belajar yang religius; (5) membangun hubungan dengan peserta didik; dan (6) melakukan evaluasi, Kedua kendala dalam pengajian antar maghrib dan isayaiadalah kurangnya pengulangan yang di lakukan santri, dan kurangnya motivasi santri,. Ketiga solusi dalam mengatasi kendala yaitu guru dengan Menyamaratakan metode yang digunakan saat mengajar dan memotivasi santri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:58 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:58 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1650 |