STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOTOR BEKAS PADA SHOWROOM SULTAN MOTOR JAMBI

KASMA, KASMA (2023) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOTOR BEKAS PADA SHOWROOM SULTAN MOTOR JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of KASMA 501190025 STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOTOR BEKAS PADA  SHOWROOM SULTAN MOTOR JAMBI - Kasma Jbi-16-25.pdf] Text
KASMA 501190025 STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOTOR BEKAS PADA SHOWROOM SULTAN MOTOR JAMBI - Kasma Jbi-16-25.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan penjualan motor bekas pada showroom Sultan Motor Jambi, mengetahui apa kendala dalam melakukan strategi promosi dan mengetahui apa solusi dalam menghadapi kendala strategi promosi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jumlah informan sebanyak 9 informan, adapun sumber data yang digunakan ada sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh Sultan Motor terdapat 4 bauran yang digunakan yaitu: a) Periklanan, Sultan Motor menggunakan media sosial, kartu nama, spanduk dalam mengiklankan produknya. b) Promosi penjualan, Sultan Motor dalam menggunakan promosi penjualan yaitu dengan memberikan bonus jika ada konsumen yang melakukan pembelian dengan kredit. c) Penjualan personal, Promosi yang dilakukan Bapak M. Romli adalah dengan memberitahu kepada teman-temannya dan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu juga melakukan promosi kepada sanak saudaranya. d) Hubungan masyarakat, Bapak M. Romli selaku pimpinan Sultan Motor memiliki komunitas atau grup khusus para pemilik showroom. Yang digunakan untuk bisa saling membantu meningkatkan penjualan masing-masing. Prinsip syariah dalam melakukan strategi promosi dalam meningkatkan penjualan sudah dilakukan oleh Sultan Motor dengan menerapkan nilai-nilai keislaman dalam melakukan promosi yaitu tulus, jujur, melakukan promosi yang bermakna dan bertanggung jawab. Kendala-kendala dalam melakukan strategi promosi dalam meningkatkan penjualan motor bekas pada Showroom Sultan Motor Jambi yaitu ada 4 yaitu kondisi pasar, kondisi dan kemampuan penjual, modal, kondisi organisasi perusahaan. Solusi atau upaya yang dilakukan Sultan Motor ini agar promosi yang dilakukan berjalan dengan lancar dan maksimal adar dapat menarik konsumen lebih banyak lagi yaitu dengan memberikan kepuasan kepada konsumen. Dan Semua karyawan seharusnya dapat melakukan promosi, meskipun ada karyawan yang khusus melakukan promosi. Jika semua karyawan melakukan promosi maka peluang peningakatan penjualan juga akan bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:19
Last Modified: 22 Oct 2024 03:19
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item
View Item