Ashari, Jamal (2023) Upaya Guru Ngaji Antara Magrib Dan Isya Dalam Mengajar Baca AL-QUR'AN Di Mesjid Al-Hidayah Alam Berajo kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
JAMAL 201190327 SKRIPSI 2023 FLASDISK - Jamal Ashari-17-22.pdf
Download (316kB)
Abstract
"Skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya santri yang kurang mampu dalam belajar al qur’an, Tujuan penelitian ingin mengetahui sejauh mana Upaya Guru Ngaji Antara Magrib Dan Isya Dalam Mengajar Baca Al-Qur’an Di Masjid Al Hidayah Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di masjdi Al Hidayah Alam Barajo Kota Jambi. Subjek penelitian yaitu guru PAMI dan para santri. Jenis datanya yaitu data primer dan sekunder. Sumber datanya berupa manusia, suasana, foto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan data yaitu perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama Upaya Guru Pengajian Antar Maghrib Dan Isya Idalam mengajar Ibaca I Ial-Qur’an yaitu (1) pembiasaan dalam membaca alquran; (2) memahami karakter peserta didik; (3) memilih metode yang tepat untuk belajar membaca alquran; (4) menciptakan tempat belajar yang religius; (5) membangun hubungan dengan peserta didik; dan (6) melakukan evaluasi, Kedua kendala dalam pengajian antar maghrib dan isayaiadalah kurangnya pengulangan yang di lakukan santri, dan kurangnya motivasi santri,. Ketiga solusi dalam mengatasi kendala yaitu guru dengan Menyamaratakan i imetode iyang idigunakan isaat imengajar dan memotivasi santri.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:07 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1619 |