Ramadhani, Putri Rizky (2023) Pengaruh strategi pemasaran syariah terhadap keputusan pembelian madu hutan di kecamatan muara sabak. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
skripsi putri rizky ramadhani - watermark (1) - Putri rizky Ramadhani-17-29.pdf
Download (765kB)
Abstract
"Berdasarkan dari hasil jawaban para responden strategi pemasaran syariah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Madu hutan yang dijual merupakan barang yang tidak dilakukan pencampuran bahan lain sehingga tidak ada indikasi bahan yang tidak halal dan asli serta takaran dalam penjualannya menggunakan botol, walaupun dalam penjualannya menggunakan berbagai botol tetapi takaran tetap sama. Strategi pemasaran syariah terjadi dikarenakan satu pihak atau lebih melaksanakan suatu pertukaran pola berfikir tentang bagaimana cara yang harus dilaksanakan untuk mencapai respon yang diinginkan oleh pihak lainnya. Strategi pemasaran syariah bertujuan agar dapat memperkenalkan produk kepada masyarakat agar ingin membeli produk yang ditawarkan. Adapun beberapa faktor tentang kurangnya berwirausaha pada Kecamatan Muara Sabak yaitu berupa tidak adanya faktor pendukung pada sistem pemasaran syariah sehingga pemasaran tersebut hanya sebatas menunggu pembeli di rumah, dan pengemasan dalam produk tersebut juga tidak higienis karena menggunakan botol bekas atau pun jerigen bekas tanpa proses sterilisasi. Selain itu madu hutan tersebut juga tidak menggunakan merek dan juga tidak terdapat label halal pada produknya. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai solusi bagi pelaku bisnis madu hutan bertujuan untuk meningkatkan volume pemasaran dan kualitas produknya. Kondisi yang paling sulit yaitu mempertahankan konsumen untuk membeli produk madu hutan. Dalam penetapan strategi pemasaran syariah yang tepat adalah dibutuhkannya peningkatan jumlah penjualan produk, memaksimalkan keuntungan tetapi tidak melanggar syariat islam, meningkatkan pangsa pasar dan juga meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 00:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 00:46 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1616 |