Penerapan Keterampilan Proses Sains Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung Kota Jambi

Futri, Septi Eksa (2023) Penerapan Keterampilan Proses Sains Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat proses pembelajaran IPA masih banyak siswa yang kurang mampu memberikan pendapatnya, siswa kurang mampu menjelaskan informasi yang diperoleh dari hasil diskusi kepada temannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan
keterampilan proses sains berbasis lingkungan untuk meningkatkan kreativitas, mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran materi energi dalam kehidupan sehari-hari dan energi alternatif menggunakan pendekatan keterampilan proses sains berbasis lingkungan dan cara mengatasinya pada siswa kelas IV MI Darussalam Jelutung Kota Jambi yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari tabel hasil presentase ketuntasan nilai siswa yang ada pada tahapan pra siklus yaitu 33,33% ( sangat kurang ) saat dilakukan tahapan siklus I yaitu mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 81,48% ( baik ) dan kemudian setelah dilakukannya tahapan kegiatan pada siklus II terjadinya
peningkatan hasil yang diperoleh menjadi 92,59% (sangat baik). Dan juga dapat diketahui nilai rata-rata yang diperoleh pada tahapan pra siklus yaitu 62,40 (cukup), pada saat dilakukannya tahap siklus I mengalami sedikit peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 73,33 (baik) dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan tahapan pada siklus II yang membuat nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh meningkat menjadi 85,55 (baik)."

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:42
Last Modified: 17 Oct 2024 04:21
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item
View Item