Pengaruh Metode Eksploratory Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 33 Merangin

Arfahni, Wisnu Hidayat (2023) Pengaruh Metode Eksploratory Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 33 Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil dari belajar
pendidikan agama islam dengan menggunakan metode eksploratory discovery
pada siswa kelas VIII, SMP Negeri 33 Merangin. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian Quasy Eksperimen Design dengan berbentuk Posttest Only Control
Design jenis deskriptif kuantitatif. Mengingat data yang dianalisis bersifat
kuantitatif, maka peneliti menggunakan uji validitas yang terdiri dari uji tingkat
kesukaran dan uji daya pembeda soal. Uji reliabilitas menggunkaan rumus Alpa,
Uji normalitas menggunakan rumus Liliefors dan uji homogenitas. Sedangkan uji
hipotesisnya menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung
= 10,42 dengan taraf signifikansi α = 5% didapat ttabel = 2,01. Melalui kriteria uji
jika thitung> ttabel maka H1 diterima. 10,42 > 2,01, jadi dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh dari hasil belajar pendidikan agama islam dengan menggunaka
nmetode eksploratory discovery pada siswa kelas VIII, SMP Negeri 33
Merangin."

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:38
Last Modified: 17 Oct 2024 05:24
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item
View Item