FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MAHDALIYAH KOTA JAMBI

Sugiarto, Egi (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MAHDALIYAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilihat dari sudut pandang pendidikan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. hasil penelitian menyatakan bahwa kondisi kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi masih ada beberapa siswa yang kurang lancar membaca dan masih ada siswa yang membaca terbata-bata. faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam membaca Al-Qur’an di madrasah Tsanawiyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi diantaranya: kurangnya minat belajar siswa, kurangnya pembiasaan pada siswa untuk membaca Al-Qur’an, daya serap siswa yang lemah. Usaha guru Al-Qur’an hadits yang berada di Madrasah Tsanawiyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi yakni dengan mengadakan kegiatan membaca Al-Qur’an pada pagi sebelum memulai jam pelajaran, dan guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing dan motivator.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:40
Last Modified: 17 Oct 2024 07:00
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item
View Item