Alhaddad, Rodi (2023) Implementasi Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada mata Pelajaran Pendidikan agama Islam Kelas VII SMP Baiturrahim Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang masalah yang terjadi di kelas VII SMP Baiturrahim Jambi yaitu kesenjangan
antara realitas teoretis dan empiris disini melatar belakangi penulis melakukan penelitian
tindakan kelas terhadap penerapan model pembelajaran yang dapat mengkondisikan siswa
aktif terlibat langsung dalam proses pembelajaran dengan harapan mampu meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Adapun
tujuan dari penelitian ini yaitu: Medeskripsikan guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan minat motivasi serta pengetahuan menggunakan model discovery learning di
SMP Baiturrahim Kota Jambi, Mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan pembelajaran menggunakan discovery learning di SMP Baiturrahim Kota
Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan
yaitu pendekatan penelitian kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa/siswi kelas VII
SMP Baitirrahim Kota Jambi dengan jumlah siswa terdiri 16 laki-laki dan 6 perempuan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan model penelitian yang merujuk pada proses
pelaksanaan penelitian yang dikemukakan oleh Kurt Lewin, penelitian ini dalam
perencanaannya, Kurt Lewin menggunakan sistem spiral refleksi diri yang dimulai dengan:
(1) Rencana (planning), (2) Tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), (4) Refleksi
(reflecting), dan perencanaan kembali yang merupakan dasar untuk suatu ancang-ancang
pemecahan permasalahan. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan
pembelajaran yang dilakukan dikelas VII SMP Baiturrahim Kota Jambi dari siklus I hingga
siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran
discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas VII. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar yang
diperoleh setiap siklusnya, pada saat pra siklus atau sebelum dilakukan tindakan nilai rata-
rata 63% dengan jumlah siswa yang tuntas 5 orang dari 22 jumlah keseluruhan, (22,72%)
dan setelah dilakukan tindakan siklus I nilai rata-rata siswa (77,28%) dengan rata-rata
jumlah siswa yang tuntas 13 orang dari 22 jumlah keseluruhan (70,90%), pada siklus II
dengan nilai rata-rata siswa 86,81% dengan jumlah yang tuntas 18 orang dari 22 jumlah
keseluruhan (82%), ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery
learning dapat meningkatkan kemapuan berpikir kritis belajar siswa kelas VII pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Baiturrahim kota Jambi.
Kata Kunci : Implementasi, Model Discovery Learning, pendidikan agama islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 03:14 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:21 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1595 |