Mawadda, Mawadda (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepatuhan Siswa Mengikuti Shalat Berjama'ah di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Batang Hari Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang peran guru dalam meningkatkan kepatuhan siswa mengikuti sholat berjama’ah, karena guru Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam meningkatkan kepatuhan sholat berjama’ah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Batang Hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses peningkatan kepatuhan siswa dalam sholat berjama’ah, mengetahui kendala-kendala kepatuhan dalam melaksanakan sholat berjama’ah dan mengetahui hasil dari peningkatan siswa dalam sholat berjama’ah di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Batang Hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode observasi yaitu mengamati kegiatan melaksanakan sholat berjama’ah dan mewawancarai guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Batang Hari. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa proses kepatuhan dalam melaksanakan sholat berjama’ah memiliki hambatan yaitu dalam penggunaan air untuk berwudhu di musholla, siswa-siswi yang bermalas-malasan dan jarak antara musholla dan kantin terlalu dekat sehingga menyebabkan siswa-siswi lebih memilih pergi ke kantin dari pada ke musholla untuk shalat berjama’ah. Hasil dari kepatuhan shalat berjama’ah siswa mengalami peningkatan yang cukup baik yang mana sebagai perbandingannya, diambil dari ketika guru Pendidikan Agama Islam tidak mengawas siswa dalam melaksanakan sholat berjama’ah dan ketika guru Pendidikan Agama Islam mengawas siswa dalam sholat berjama’ah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:31 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1585 |