Mahendra, Raka (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PRILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya sopan santun siswa terhadap Guru, pertama sedang mengajar masih ditemukan siswa asik mengobrol di belakang dan sebagian siswa kakinya kurang sopan di letakkan di kursi atau meja, siswa masih ada yang terlambat masuk ke kelas ketika bel sudah berbunyi dan ketika masuk kelas tanpa memberikan salam, ketika diberi PR tidak mau mengerjakan PR dengan alasan lupa. Tujuan penelitian ingin mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk prilaku sopan santun, kendala dan solusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Prilaku Sopan Santun Siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Kota Jambi. Subjek penelitian yaitu Pendidikan Agama islam dan siswa. Jenis datanya yaitu data primer dan sekunder. Sumber datanya berupa manusia, suasana, foto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan data yaitu perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk prilaku sopan santun, yaitu Memberikan bimbingan konseling, senantiasa menasihati, serta memberi contoh yang baik kepada peserta didik. Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler seperti sholat dhuha, tadarus al–Qur’an sebelum pelajaran dimulai, pembacaan Surah yasin bersama hari jum’at serta Menerapkan sistem 5S, yaitu senyum, sapa, salam. Kedua kendala Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk prilaku sopan santun yaitu masih lemahnya kemampuan peserta didik dalam belajar dan, Masih kurang intropeksi diri dan Masih rendahnya dukungan dari orang tua Ketiga Solusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk prilaku sopan santun yaitu menasehati siswa tentang penting nya dalam memilih teman, dan bekerja sama dengan wali Murid.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:52 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:20 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1584 |