Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah menengah Kejuruan Negeri 9 Tanjung Jabung Barat

Purba, Nuriani (2023) Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah menengah Kejuruan Negeri 9 Tanjung Jabung Barat. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Tanjung Jabung Barat, sehingga yang di perlukan dalam mengatasi masalah ini adalah memilih metode yang tepat dan yang dapat mengatasi masalah tersebut, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode Tutor Sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI dengan menggunakan metode tutor sebaya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Tanjung Jabung Barat. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), jenis penelitian ini kolaboratif yang dianalisis secara deskriptif kualitatif, yang dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengukur aktivitas guru dan siswa setiap per siklusnya, sedangkan metode wawancara di gunakan untuk memperoleh gambaran dan situasi di SMK Negeri 9 Tanjung Jabung Barat. Dokumentasi ini berupa foto-foto yang digunakan sebagai alat bantu untuk menggambarkan apa yang terjadi di kelas pada waktu pembelajaran berlangsung, dokumentasi ini dijadikan sebagai bukti bahwa telah diadakan suatu observasi yang sifatnya alamiah dan sesuai dengan konteks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI Multimedia2 pada Mata Pelajaran pendidikan agama islam dengan hasil penelitian yaitu pada Siklus Pertama (49,62%), pada Siklus ke dua (81,20%), dan pada Siklus ke tiga (90,23%). Berdasarkan hasil analisis data yang di peroleh maka dapat di simpulkan bahwa Implementasi Metode Tutor Sebaya Dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan melihat peningkatan pada lembar aktivasi siswa di setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:46
Last Modified: 17 Oct 2024 06:42
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item
View Item