Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Musthofa Tsani Rantau Badak Tanjung Jabung Barat

Gusahara, Manja (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Musthofa Tsani Rantau Badak Tanjung Jabung Barat. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Skripsi Manja Gusahara TM208190055  - Manja Gusahara.pdf] Text
Skripsi Manja Gusahara TM208190055 - Manja Gusahara.pdf

Download (6MB)

Abstract

"Penelitian ini yaitu termasuk penelitian pengembangan yang membahas tentang pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas VII MTs Al-Musthofa Tsani Desa Rantau Badak Lamo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari LKPD berbasis contextual teaching and learning pada materi bangun datar. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket digunakan untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan tes untuk keefektifan produk. Untuk uji validitas dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba produk dilakukan dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang dilakukan di kelas VII. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata persentase sebesar 91,7% dengan kategori “Sangat Valid” untuk media, rata-rata 91,7% kategori “Sangat Valid” untuk materi, dan rata-rata persentase sebesar 84% dengan kategori “Sangat Valid” untuk bahasa. Untuk rata-rata kepraktisan sebesar 93,4% (Sangat Praktis) oleh guru matematika dan rata-rata 92,7% (Sangat Praktis) oleh peserta didik pada uji coba kelompok kecil, dan pada kelompok besar memperoleh rata-rata sebesar 84,4% dengan kategori “ Sangat Praktis”. LKPD ini efektif bagi peserta didik dibuktikan dengan hasil data yang diperoleh dari tes peserta didik setelah menggunakan produk dengan rata-rata 68,75% dengan kategori efektif. Dari hasil tanggapan tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis contextual teaching and learning valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:13
Last Modified: 26 Sep 2024 02:13
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item
View Item