: Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Tanjung Jabung Timur

Basri, Muhammad (2022) : Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Tanjung Jabung Timur. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 208180034 Pengaruh Kecemasan Matematis (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Tanjung Jabung Timur - MUHAMMAD BASRI.pdf] Text
208180034 Pengaruh Kecemasan Matematis (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Tanjung Jabung Timur - MUHAMMAD BASRI.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Antara Kecemasan Matematika (Math
Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah
Pertama Negeri 16 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah
hubungan antarvariabel itu merupakan hubungan yang menyakinkan (signifikan),
ataukah hubungan tidak meyakinkan. Sedangkan teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah total sampling. Data penelitian diperoleh dengan
menggunakan instrument lembar observasi berbentuk skala likert untuk
mengetahui skor kecemasan matematis dan dokumentasi untuk mengetahui skor
hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 16 Tanjung Jabung Timur pada bulan 10 Februari - 29 Maret
2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII yang mengalami kecemasan
matematis dengan jumlah 18 orang. Uji hipotesis menggunakan korelasi phi.
Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan didapat dan
. Jadi maka dapat disimpulkan bahwa
Hipotesis Alternatif diterima sedangkan Hipotesis Nol ditolak. Ini berarti terdapat
korelasi negatif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.
Hubungan/pengaruh antara kecemasan matematika dengan hasil belajar
matematika memiliki tingkat hubungan yang kuat dan arah koefesian korelasi
bertanda negatif (-) ini menunjukkan arah yang berlawanan. Sehingga apabila
kecemasan matematika tinggi maka hasil belajar matematika rendah. Sebaliknya,
apabila kecemasan matematika rendah maka hasil belajar matematika tinggi.
Kata kunci : Kecemasan matematis, hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 27 May 2024 03:57
Last Modified: 27 May 2024 03:57
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item
View Item