PENERAPAN DIGITAL BRANDING SEBAGAI OPTIMALISASI PENINGKATAN INOVASI, DAYA SAING DAN PENDAPATAN UKM DI KOTA JAMBI PADA ERA NEW NORMAL (Studi Kasus Pelaku UKM di Kecamatan Kota Baru Jambi)

ARDANA, RIZKI AMALIA HM (2023) PENERAPAN DIGITAL BRANDING SEBAGAI OPTIMALISASI PENINGKATAN INOVASI, DAYA SAING DAN PENDAPATAN UKM DI KOTA JAMBI PADA ERA NEW NORMAL (Studi Kasus Pelaku UKM di Kecamatan Kota Baru Jambi). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan bisnis yang semakin pesat di era new normal saat ini tentunya menciptakan persaingan yang sangat ketat, tanpa terkecuali sektor UKM. Selain itu, hadirnya teknologi digital menghadirkan bisnis online yang memberikan peluang dan ancaman bagi para pelaku UKM. Dalam persaingan yang semakin ketat menuntut para pelaku UKM untuk terus berinovasi yang kreatif dan inovatif didalam usahanya agar tidak tenggelam dalam persaingan pasar dan perlu dilakukan untuk meningkatkan pendapatan UKM itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menengetahui bagaimana penerapan digital branding sebagai optimalisasi peningkatan inovasi, daya saing, dan pendapatan UKM di kota Jambi pada era new normal, studi kasus pelaku UKM di Kecamatan Kota Baru Jambi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah pelaku UKM yang ada di Kecamatan Kota Baru Jambi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan digital branding sudah optimalisasi dilakukan oleh beberapa pelaku Usah Kecil dan Menengah (UKM). Namun masih ada pelaku UKM yang belum mengoptimalisasikan dalam menerapkan digital branding dalam usahanya. Kurangnya pengetahuan terhadap penggunaan digital, faktor umur yang sudah tua, faktor permodalan, dan masih kurangnya tindak lanjut dari pemerintah setempat terhadap penerapan digital branding terhadap pelaku UKM. Para pelaku UKM yang telah menerapkan digital branding dalam usaha nya mampu mengoptimalisasikan peningkatan Inovasi, daya saing, dan pendapatan. Penerapan digital branding memberikan dampak positif dan negatif bagi para pelaku UKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:54
Last Modified: 02 Oct 2024 03:17
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item
View Item