ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi kasus Usaha tempe Mbah Sibo Desa Bunga Tanjung Nipah Panjang)

GUSNIASARI, AYU (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi kasus Usaha tempe Mbah Sibo Desa Bunga Tanjung Nipah Panjang). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Usaha tempe Mbah Sibo merupakan salah satu usaha yang berbasis rumah tangga yang terletak di Desa Bunga Tanjung, usaha ini terbangun karena keadaan ekonomi keluarga. Perjalanan panjang usaha Tempe mbah sibo menunjukkan bahwa terdapat penurunan pendapatan dan hasil produksi Penelitian dilakukan untuk mengetahui beberapa aspek yang menjadi penyebab keberlanjutannya. Penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan lewat observasi dan wawancara. Teknik analisis dilakukan secara kualitatif (fild research),
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha tempe Mbah Sibo. Dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh usaha tempe Mbah Sibo terdapat 4 bauran pemasaran yan digunakan yaitu: Strategi produk, usaha tempe menerapkan startegi produk dengan mutu dan kualitas produk yang baik akan tetapi usaha tempe Mbah Sibo tidak melakukan pembuatan logo dan merek terhadap suatu produk. Strategi harga, penetapan harga pada usaha tempe Mbah sibo sangat terjankau sekali, yang dapat di jangkau oleh masyarakat menengah ke atas dan ke bawah. dengan penetapan harga yang baik dapat menjadi daya tarik konsumen baru. Strategi distribusi, dengan lokasi distribusi pada usaha tempe Mbah Sibo yang sangat strategis, usaha tempe Mbah Sibo melakukan pendistribusian secara langsung ke pasar dan konsumen datang langsung ke rumah produksi. Strategi promosi, usaha tempe Mbah Sibo belum melakukan strategi promosi, baik berupa iklan, pemasangan spanduk, penyebaran browsur dan pemasaran secara online. Pemasaran yang dilakukan oleh usaha tempe Mbah Sibo pemasaran langsung. Faktor penghambat dan pendukung dalam melakukan strategi pemasaran. faktor pendukung, lokasi produksi usaha tempe Mbah Sibo sudah cukup strategis di pinggir jalan besar dan juga jalan lintas dari arah Sungai raya, pemusiran teluk kijin menuju pasar Nipah Panjang, seharusnya usaha tempe Mbah Sibo memberikan tanda pengenal terhadap rumah usaha seperti memasang spanduk sehingga masyarakat lain mengetahui akan usaha tersebut. Faktor penghambat, hambatan yang di alami oleh usaha tempe Mbah Sibo seharus nya segera diberikan solusi agar usaha tersebut tetap bertahan yaitu dengan melakukan penambahan modal usaha agar dapat memudahkan dalan melakukan pembelian bahan baku dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:43
Last Modified: 03 Oct 2024 00:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item
View Item