Upaya Guru Akidah akhlak dalam Membina akhlak siswa di Madrasah Laboratorium Kota Jambi

Nurdarmayanti, Siti (2023) Upaya Guru Akidah akhlak dalam Membina akhlak siswa di Madrasah Laboratorium Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Skripsi ini dilatarbelakangi oleh Upaya Guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak pelajar di Madrasah Tsanawiyah Laboraturium Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor mengenai:1) Gambaran akhlak pelajar di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi, 2) Upaya guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa dan 3) Kendala Guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yamg digunakan adalah obsevasi wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Gambaran Akhlak siswa di Madrasah tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi Bahwasanya akhlak siswa- siswi sudah cukup baik meskipun ada yang kurang baik. Kepala sekolah dan guru akidah akhlak selalu melibatkan siswa-siswi dalam kegiatan memperingati hari atau kegiatan-kegiatan sekolah untuk siswa agar mereka lebih banyak belajar dengan hal-hal yang positif dan siswa pun selalu respon terhadap kegiatan yang mereka adakan, 2) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak siswa Di Madrasah Tsanawiyah Laboraturium Kota Jambi dapat diuraikan sebagai berikut : Memberikan edukasi kepada siswa, menjadi contoh dan mencontohkan perilaku yang baik bagi siswa, bekerja sama dengan orang tua siswa, menegur, menasihati, dan memberikan sanksi kepada siswa yang melakukan pelanggaran, 3) Kendala yang dihadapi guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa Di Madrasah tsanawiyah laboratorium Kota Jambi, berasal dari beberapa faktor yaitu : faktor minat belajar, faktor penerapan materi, faktor metode pembelajaran, dan faktor lingkungan.

"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:15
Last Modified: 17 Oct 2024 06:38
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item
View Item