Sari, Nurmala (2023) Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan materi perubahan energi melalui penerapan model inkuiri kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi masih tergolong rendahnya kemampuan berpikir kreatif. Hal ini disebabkan karena siswa kurang dilatih menyelesaikan soal-soal kreatif dan biasanya siswa hanya diberikan soal-soal yang biasa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan proses pembelajaran dari tahapan siklus I dan siklus II yaitu dapat diketauhi bahwa setelah dilakukannya pembelajaran dengan meggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran tematik tentang Perubahan Energi, yang mana bisa kita lihat dari tabel hasil presentasi ketuntasan nilai siswa yang ada pada tahapan pra siklus yaitu 52 menjadi 64% (sangat kurang), saat dilakukan tahapan siklus I yaitu mengalami sedikit peningkatan 69,3% (kurang), dan kemudian setelah dilakukannya tahapankegiatan pada siklus II terjadi peningkatan hasil yang diperoleh menjadi 80% (baik). Penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Kota Jambi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 05:05 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:56 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1517 |