Feronika, Ranti (2023) Penggunaan media audio visual youtube dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah atas negeri 8 batang hari provinsi jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang sangat penting di Sekolah Menengah Atas . Namun, metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam membutuhkan partisipasi keaktifan siswa dan menciptakan suasana pembelaaran di kelas menyenangkan untuk mencapai tujuan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk membuat pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih menarik adalah dengan menggunakan media audio visual YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan media audio visual YouTube dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA dan bagaimana pengalaman siswa dalam menggunakan media tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang melibatkan kelas 10 IPA 1 & 2 di SMA Negeri 8 Batang Hari sebagai partisipan dalam penggunaan media Audio Visual YouTube dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual YouTube berpengaruh positif terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA. Siswa yang menggunakan media Audio Visual youtube dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam merasa lebih antusias dan lebih mudah memahami materi pelajaran. Selain itu, media Audio Visual youtube juga membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka dalam memahami isu-isu dalam ajaran Pendidikan Agama Islam.Namun, penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual YouTube harus dilakukan dengan cerdas dan terukur. Terlalu banyak fokus pada penggunaan media Audio visual youtube dapat mengurangi perhatian siswa pada pembelajaran dan memicu ketergantungan pada media tersebut.Kesimpulannya, penggunaan media audio visual YouTube dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA. Namun, penggunaan media tersebut harus dilakukan dengan cerdas dan terukur agar efektivitasnya tidak terganggu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:49 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:35 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1514 |