Pembelajaran Membaca Al-Qur'an dengan Metode Ummi di Taman Pendidikan Al-Qur'an Roudlotul Qur'an Alhidayah Kecamatan Telanaipura Kota Jambi

Putri, Dinda Sagita (2023) Pembelajaran Membaca Al-Qur'an dengan Metode Ummi di Taman Pendidikan Al-Qur'an Roudlotul Qur'an Alhidayah Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran membaca Al-Quran adalah suatu proses penting dalam pendidikan agama Islam. Metode Ummi adalah salah satu pendekatan yang efektif dan populer dalam mengajarkan anak-anak dan orang dewasa untuk memahami dan membaca Al-Quran dengan baik. Metode Ummi menekankan pada pendekatan fonetik, penggunaan huruf hijaiyah, dan pengulangan yang berulang dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, dampak, dan faktor pembelajaran menggunakan metode ummi di TPQ Roudlotul Qur’an Alhidayah Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Pengajaran dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pengenalan karakter huruf hijaiyah, pengucapan suara, dan penggabungan huruf-huruf menjadi kata-kata. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang menerima pembelajaran dengan metode Ummi mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Quran dibandingkan dengan kelompok. Metode Ummi membantu siswa memahami karakter huruf Arab, mengenali pengucapan yang benar, dan meningkatkan kecepatan membaca dengan lancar. Selain itu, metode Ummi juga meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Al-Quran. Dalam kesimpulannya, metode Ummi terbukti efektif dalam pembelajaran membaca Al-Quran. Metode ini dapat diadopsi oleh guru-guru dan lembaga pendidikan Islam dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Quran. Penggunaan metode Ummi dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran dengan baik, sehingga mereka dapat memahami dan mengaplikasikan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:46
Last Modified: 17 Oct 2024 06:42
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item
View Item