Nurholis, Ahmad (2023) Strategi Guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter disipilin siswa di sekolah menengah atas negeri 4 kabupaten batang hari provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih kuragnya disiplin yang dimiliki siswa,
walaupun sekolahan umum namun sekolahan ini sangat menekankan kedisiplinan
yang tinggi kepada para siswanya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian
ingin mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk
Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kabupaten
Batanghari. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas
Negeri 4 Kabupaten Batanghari. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI,
dan siswa. Jenis datanya yaitu data primer dan sekunder. Sumber datanya berupa
manusia, suasana, foto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan data yaitu perpanjang
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil temuan dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa pertama gambaran kedisiplinan siswa di
SMAN 4 Batanghari yaitu disiplin sikap, disiplin waktu dan disiplin dalam
ibadah. Kedua kendala guru dalam pembentukan krakter siswa yaitu internal dan
eksternal. Ketiga strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan
krakter disiplin yaitu mendekati siswa, memberi motivasi kepada siswa.
Kesimpulan startegi guru Pai dalam membentuk krakter disiplin siswa belum
oftimal hal tersebut karena masihg ada siswa yang akhlaknya kurang dan tidak
sesuai dengan Agama"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:43 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:39 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1512 |