Pengaruh Minat Dan Persepsi Pengusaha Muda Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Jambi

Muhaimin, Muhaimin (2022) Pengaruh Minat Dan Persepsi Pengusaha Muda Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Besarnya potensi Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) yang
berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, menjadikan suatu
keharusan untuk lebih di berdayakan menjadi semakin strategis sehingga dapat
mendukung peningkatan produktivitas, penyediaan lapangan kerja yang lebih
luas, dan peningkatan pendapatan bagi masyarakat miskin. Usaha mikro yang
merupakan bagian dari usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Jambi perlu
ditingkatkan serta dikembangkan karena menyumbang terhadap pertumbuhan
ekonomi daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi
permasalahan yang kemudian muncul antara lain disebabkan oleh masih
rendahnya kualitas SDM pelaku industri, strategi pemasaran yang masih
kurang dikuasai oleh pelaku usaha dan pendapatan didasarkan pada waktu
atau lama usaha didirikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: besar pengaruh minat dan persepsi
pengusaha muda terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
di Kota Jambi. Besar pengaruh minat terhadap pengembangan Usaha Mikro,
Kecil dan Menengah di Kota Jambi dan besar pengaruh persepsi pengusaha
muda terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota
Jambi.
Skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode
pengumpulan data melalui penyebaran instrumen angket dan didukung dengan
wawancara, observasi, dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan Uji regresi berganda, Uji T, Uji F dan Uji Koefisien
Determinasi (R Square).
Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara bersama-sama variabel
minat dan persepsi pengusaha muda memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap pengembangan Usaha Menengah dan Keatas di Kota Jambi.hal ini
terlihat dari nilai Adjusted R2

adalah 0.622 % Hasil ini menunjukan bahwa
62,2 % nilai pengembangan Usaha Menengah dan Keatas di Kota Jambi
mampu di jelaskan oleh variasi perubahan variabel minat (X1) dan persepsi
pengusaha muda (X2), artinya pengembangan usaha UMKM di Kota Jambi di
jelaskan oleh variasi perubahan variabel minat dan persepsi pengusaha muda.
Hasil pengujian secara parsial dimana uji signifikan individual kedua variabel
minat dan persepsi pengusaha muda secara bersama-sama mempunyai
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan Usaha
Menengah dan Keatas di Kota Jambi.
Kata Kunci: Minat, Persepsi Pengusaha Mu da dan Pengembangan Usaha

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: editor
Date Deposited: 27 May 2024 03:52
Last Modified: 02 Oct 2024 03:12
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item
View Item