Literasi baca Al-Qur’an bagi anak-anak Desa Senaning Kecamatan Pemayung

Nurwahida, Dwi (2023) Literasi baca Al-Qur’an bagi anak-anak Desa Senaning Kecamatan Pemayung. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"
Dwi Nurwahida. 2023. literasi Baca Al-Qur’an Bagi Anak-anak Desa Senaning kecamatan pemayung. Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Adab dan Humaniora. Pembimbing I: Rory Ramayanti, S.IP., M.IP dan Pembimbing II: Nailul Husna, M.A

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Literasi baca Al-Qur’an bagi anak-anak Desa Senaning Kecamatan Pemayung. Teori IFLA (International Federation of Library Associations and Instutions) yang digunakan untuk menganalisis kemampuan literasi informasi anak-anak Desa Senaning Kecamatan Pemayung tersebut. Metode penelitian kualitatif, Analisis data: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dari kemampuan anak-anak di Desa Senaning kecamatan Pemayung ini pengetahuan dalam memahami makna Al-Qur’an ini termasuk dalam level (medium) dilihat dari 7 mereka sudah bisa memahami tentang Al-Qur’an. 2) Kemampuan Anak-anak Desa Senaning dalam kelancaran membaca Al-Qur’an, memahami ilmu tajwid dan pelafalan makhorijul huruf ini termasuk dalam level (medium) hal ini bisa kita lihat dari informan 7 tetapi hanya 2 orang yang sudah mulai bisa membaca al-Qur’an dengan memenuhi standar baca Al-Qur’an. 3) Kemampuan anak-anak Desa Senaning dalam mengkomunikasikan informasi mengenai Al-Qur’an masih belum maksimal, dan termasuk pada level (basic) hal ini dikarenakan dari 7 orang masih ada 2 orang yang sangat jarang berkomunikasi mengenai Al-Qur’an dan hanya mengkomunikasikannya saat sedang melakukan pembelajaran, namun setelah itu mereka tidak membahas informasi ini kembali.
"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:26
Last Modified: 02 Oct 2024 01:14
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item
View Item