Anwar, Muhammad (2024) Strategi dakwah dan komunikasi kelompok da’i dalam menjalan kegiatan dakwah pada masyarakat kelurahan simpang iv sipin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya dakwah di masa sekarang
karena nilai-nilai keislaman pada masyarakat sudah sangat menurun dan banyak
penyimpangan yang ada,dalam konteks ini Strategi komunikasi da’i yang menjadi
krusial untuk mencapai efektifitas dakwah karena da’i memilki peran penting
untuk melakukan dakwah agar dapat melakukan perubahan yang baik pada
masyarakat secara perlahan dan lemah lembut, kelompok da’i yang berada di
kelurahan Simpang IV Sipin Kecamatan Telanaipura Kota Jambi mulai tampak
melakukan strategi dan komunikasi dalam menjalankan kegiatan dakwah pada
masyarakat.
Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif
deskriptif, teknik pengumpulan data dengan Observasi, wawancara dan
dokumentasi,dari pendekatan tersebut akan memberikan fakta dan data, kemudian
data tersebut di analisis melalui tekhnik analisis data yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, verivikasi dan penarikan kesimpulan,
Berdasarkan penelitian maka penulis menemukan Strategi dakwah dan
komunikasi kelompok da’i dalam menjalankan kegiatan dakwah pada masyarakat
Kelurahan Simpang IV Sipin,dengan menggunakan lima tahapan yaitu
Ta’arruf,Ta’alluq Targib,Tasykil,Do’a, dengan menggunakan beberapa bentuk
komunikasi yaitu Komunikasi,Interpersonal, Kelompok, Persuasif, Strategi
dakwah dan komunikasi kelompok da’i dalam menjalankan kegiatan dakwah pada
masyarkat yaitu Kesadaran masyarakat tentang pentingnya agama, kemauan
masyrakat untuk melakukan ibadah, kegiatan kegiatan yang di lakukan oleh
dai,dan diikuti oleh masyarakat,kegaiatan harian, mingguan dan setiap momentum
hari besar islam HBI, perkembangan pengetahuan bagi masyarakat, perbedaan
masyarakat yang membaik dari sebelumnya.ada beberapa Faktor penghambat
yang dihadapi oleh da’i dalam menerapkan strategi komuniaksi da’i dalam
berdakwah, kurangnya dukungan dari pemerintah, keterbatasan da’i dan
keterbatasan ilmu, tidak ada organisasi husus da’i sehingga da’i mengalami
kesulitan, kurangnya pemahaman dasar agama pada masyarakat, da’i yang kurang
memahami media untuk berkomunikasi di media masa,Faktor pendukung yaitu
Da’i yang mempunyai ilmu agama, dan mengetahui keadaan mad’u, dan
menggunakan metode Dakwah Bi Al-hikmah, mad’u yang terbuka dan toko
masyarakat yang antusias kepada dakwah, Solusi untuk da’i yaitu da’i harus selalu
sabar dan tekun dalam berdakwah, kemudian da’i harus selalu menimba ilmu,dai
harus lebih menyeseuaikan diri dengan perkemabangan zaman terutama
memahami komunikasi di media massa, dan kepada masyrakat agar bisa lebih
membuka mata kedapannya dalam memilih mana yang baik dan yang buruk, dan
bisa lebih teliti belajar dan memilih guru jangan sampai belajar dengan guru yang
salah,
Kata Kunci : Strategi, Dakwah, Komunikasi, Da’i,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 02:03 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:31 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1492 |