Maulina, Siti Nurmayah (2023) PENERAPAN STRATEGI READING GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan menulis karangan siswa menjadi keterampilan esensial yang harus di miliki peserta didik di abad 21. Keterampilan menulis adalah sebagai salah satu ciri dari orang yang terpelajar atau bangsa yang terpelajar. Namun kenyataanya, kemampuan menulis karangan ini masih selalu menjadi masalah kesulitan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Muaro Jambi. Metode Reading Group di jadikan solusi dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa karena metode ini melibatkan siswa secara aktif untuk membaca guna untuk memperkaya kosakata yang dimiliki siswa. Guru memiliki peran penting untuk membimbing dan melatih siswa dengan memberikan tulisan –tulisan karangan untuk dibaca. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-hidayah Muaro Jambi. Penelitian ini di laksanakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan, sedangkan teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I di peroleh hasil dengan presentase 67%, kemudian pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 83% kualifikasi baik. Sedangkan pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I di peroleh hasil 67% dan meningkat pada siklus II menjadi 83% dengan kualifikasi baik sekali. Berdasarkan data tersebut menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dalam penerapan Reading Group dalam proses pembelajaran dan peningkatan siswa dari kemampuan menulis karangan. Pernyataan tersebut juga di dukung dengan hasil tes uraian yang memperoleh hasil: pada prasiklus dari 27 siswa hanya 8 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 29% (sangat kurang). Sedangkan hasil tes siklus I menunjukkan peningkatan dengan hasil sebanyak 16 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 68% (cukup). Kemudian, hasil siklus II di peroleh sebanyak 23 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 88% (baik). Berdasarkan data yang telah di peroleh dari penelitian yang telah di laksanakan maka dapat di simpulkan bahwa penerapan Reading Group mampu meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Muaro Jambi. Kata Kunci: Menulis Karangan, Reading Group, Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:15 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:34 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1484 |