Ramlah, Fatmi (2023) “Penggunaan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Dan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Taman Kanak-Kanak Islam Al-Muttaqin Kota Jambi”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Peneltian ini fokus pada Penggunaan media flash card dalam
meningkatkan kemampuan berpikir simbolik dan kecerdasan linguistik
anak usia 5–6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Al-Muttaqin Kota
Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan
media flash card dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik dan
kecerdasan linguistik anak usia 5–6 tahun di Taman kanak-kanak Islam
Al-Muttaqin Kota Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang anak.
Model penelitian ini menggunkan model rancangan Kemmis &
Taggart dengan menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus
terdiri atas tiga kali pertemuan dan menggunakan langkah-langkah
Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi. Selain itu penelitian ini juga
mengunakan pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif untuk mendapatkan
hasil persentase menggunakan skala likert.
Sebelum melaksanakan tindakan atau pada saat prasiklus peneliti
menemukan berbagai permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran
terutama pada tingkat kemampuan berpikir simbolik dan kecerdasan
linguistik anak. Setelah dilaksanakan tindakan siklus 1 hingga siklus 2,
maka dapat dilihat peningkatan terhadap kemampuan berpikir simbolik
dan kecerdasan linguistik anak melalui penggunaan media flash card. Hal
ini dibuktikan dengan angka rata-rata terhadap tingkat kemampuan
berpikir simbolik anak pada saat prasiklus sebesar 37, 77 % meningkat
menjadi 51, 10 % pada siklus 1, kemudian meningkat kembali pada akhir
siklus 2 menjadi 69, 53 %. Adapun dalam perkembangan kecerdasan
linguistik terjadi peningkatan juga dimana pada saat prasiklus perolehan
rata-rata anak sebesar 35, 43 % meningkat pada akhir siklus 1 menjadi
50, 07 %, kemudian pada akhir siklus 2 mengalami peningkatan kembali
menjadi 70, 06 %.
Dengan demiian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan
penggunaan media flash card dapat meningkatkan kemampuan berpikir
simbolik dan kecedasan linguistik anak usia 5–6 Tahun. Penelitian ini
juga dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memberikan pemahaman
dan pengetahuan kepada guru yang dapat digunkan untuk perbaikan
dalam pembelajaran selanjutnya.
Kata kunci : Media Flash card; Kemampuan Berpikir Simbolik;
Kecerdasan Linguistik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:33 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:23 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1478 |