Dina, Nur Afdhila (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang hanya dapat pembelajaran
dari guru dan kurang menunjukkan kreativitasnya dalam pembelajaran PAI.
Seperti hal nya guru hanya menjelaskan pembelajaran setelah itu siswa
diperintahkan untuk menulis apa yang sudah dijelaskan guru. Penelitian ini
bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan bentuk kreativitas siswa dalam
pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Sarolangun, (2)
Untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengembangkan bentuk kreativitas
siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Sarolangun (3) untuk mengetahui
Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengembangkan
kreativitas siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini
melalui beberapa langkah, yaitu: (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data dan (3)
Penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru
pendidikan agama islam dalam mengembangkan bentuk kreativitas siswa di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Sarolangun sudah cukup baik. Faktor
pendukung guru PAI dalam mengembangkan kreativitas siswa Sekolah Menengah
Pertama Negeri 30 Sarolangun yaitu adanya sarana dan prasarana yang cukup
memadai, adanya sumber belajar yang sudah cukup lengkap dan profesionalisme
serta semangat guru dalam membimbing, mengarahkan, membina dan mengontrol
siswa sedangkan faktor penghambat guru PAI dalam mengembangkan kreativitas
siswa adalah kurangnya antusias siswa, adanya siswa yang malas dan metode
yang kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Dapat disimpulkan bahwa
peran guru PAI dalam mengembangkan bentuk kreativitas siswa seperti membaca
Al-Qur’an dengan mengajar mengaji seperti membaca Al-Qur’an dengan tilawah
lagu bayati dan dalam menulis arab, guru PAI dapat mengajar dengan tulisan arab
atau kaligrafi naskah dan mushaf. Dan guru PAI harus menggunakan selain
metode ceramah, yaitu seperti metode diskusi, demontrasi dan lainnya sesuai
dengan materi yang sedang diajarkan agar siswa lebih aktif, kreatif serta inovatif
dan guru bisa lebih mudah mengembangkan kreativitas siswa.
Kata Kunci : Kreativitas Siswa, Peran Guru PAI
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:29 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1475 |