Utami, Lia (2023) Penerapan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop- Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN No 37 Teluk Kecimbung Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"ABSTRAK
Nama : Lia Utami
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-
Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi
Siswa Kelas IV SDN No 37 Teluk Kecimbung Kecamatan Bathin
VIII Kabupaten Sarolangun.
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia guru menerapakan suatu media
pembelajaran yang diharapkan peserta didik dapat memahami dan menumbuhkan
minat belajar khusunya mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis
narasi. Guru menghadirkan media pembelajaran Pop-up book dalam bentuk
tiga dimensi dimana diharapkan dapat menarik minat peserta didik dalam proses
penyampaian materi tentang menulis narasi dan dapat dipahami dengan baik bagi
peserta didik. Pop-up book merupakan suatu media berbentuk buku yang
didalamnya terdapat gambar-gambar yang tampak timbul. Buku pop-up apabila
dibuka akan keluar gambar yang berunsur 3 dimensi sehingga dapat menarik
perhatian peserta didik. Media pop up book dapat menghubungkan konsepkonsep
yang terdapat pada gambar-gambar pada buku sehingga mampu
membangkitkan imajinasi anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penerapan media pop-up book terhadap keterampilan menulis narasi
peserta didik kelas IV SDN 37 Teluk Kecimbung. Jenis penelitian yang digunakan
pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan
Kelas didefinisikan sebagai suatu penelitian tindakan (action research) yang
dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti di kelasnya atau bersamasama
dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan dan
merefleksi tindakan secara kolaboratif dan partisipasif yang bertujuan untuk
memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses pembelajaran di kelasnya
melalui suatu tindakan (treatment) tertentu dalam satu siklus. Berdasarkan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan serta permasalahan yang
telah dirumuskan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggukan media
pembelajaran gambar berseri berbasis Pop-Up Book dapat meningkatkan
keterampilan menulis narasi peserta didik pada pelajaran Tematik Bahasa
Indonesia. Hal tersebut terbukti dari hasil evaluasi belajar peserta didik yang
peneliti lakukan mengalami peningkatan di setiap siklus. Hasil belajar siklus I
dengan nilai rata-rata yang didapat peserta didik 73 dengan jumlah peserta didik
yang berhasil 12 peserta didik (57%), yang belum berhasil 9 peserta didik (42%),
terdapat peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I. akan tetapi nilai
tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan dilanjutkan ke
siklus II. Pada hasil belajar siklus II mendapat peningkatan dengan nilai rata-rata
didapat 78 dengan jumlah peserta didik yang berhasil 17 peserta didik (80%),
yang belum berhasil 4 peserta didik (19%). Dan nilai tersebut sudah mencapai
kriteria ketuntasan minimal (KKM), angka rata-rata tersebut menunjukkan
peningkatan hasil belajar peserta didik di setiap siklus.
xi
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up
Book, Tematik Bahasa Indonesia"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:22 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:00 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1472 |