STRATEGI KOMUNIKASI RADIO MANGGIS 96 FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITAL

Jusmawati, Jusmawati (2023) STRATEGI KOMUNIKASI RADIO MANGGIS 96 FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITAL. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Strategi komunikasi merupakan suatu Langkah, rencana ataupun cara yang digunakann untuk melancarkan komunikasi dengan mempertahankan aspek-aspek yang ada pada proses komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Begitu pula dengan lembaga penyiaran salah satunya Radio Manggis 96 FM yang juga memiliki kepentingan mempertahankan eksistensinya di era digital, tujuan penulisan ini untuk mengetahui format umum, strategi komunikasi dan problematika Radio Manggis dalam mempertahankan eksistensinya di era digital.
Penelitian ini berlandaskan teori Communication Goal Theory, Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang berkaitan dengan fakta, keadaan dan fenomena yang dialami oleh objek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 narasumber yang merupakan Crew, penyiar dan pendengar Radio Manggis dengan validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi.
Hasil yang penulis temukan dalam penulisan strategi komunikasi Radio Manggis 96 FM dalam mempertahankan eksistensinya di era digital, diantaranya yaitu Karakteristik Audiens, Format Musik dan format siaran radio manggis 96 FM Jambi. Namun tentunya ada strategi yang dilakukan oleh Radio Manggis untuk tetap eksis di era digital yaitu penggunaan aplikasi streaming, penggunaan media sosial dan digital marketing. Serta adanya faktor-faktor penghambat dan pendukung seperti dengan penggunaan aplikasi streaming tersebut terjadi karena gangguan jaringan/sinyal, server yang sewaktu-waktu bermasalah, aplikasi yang masih membutuhkan perbaikan dan faktor cuaca, serta yang menjadi faktor pendukung adalah penonton yang luas, praktis dan mudah digunakan serta dari SDM, untuk faktor penghambat media sosial adalah kurangnya SDM, dan faktor pendukungnya sumber informasi, sarana nasional atau komunitas. Dan faktor penghambat digital marketing tidak ada marketing khusus, persaingan bisnis dengan radio lain, persaingan dengan media online dan faktor pendukungnya memudahkan dalam pemasangan iklan dan iklan bergambar.
"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:00
Last Modified: 02 Oct 2024 01:32
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item
View Item