Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Batang Hari

Dini, Mayada Rahma (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Batang Hari. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan Upaya guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Batang Hari kabupaten Batang Hari provinsi Jambi. Faktor yang menyebabkan sebagian siswa yang kurang memahami dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Batang Hari kabupaten Batang Hari provinsi Jambi tahun 2023. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer kepada kepala sekolah SMA Negeri 6 batang Hari, guru pendidikan agama islam dan juga siswa-siswi di sekolah tersebut. adapun data sekunder dari pengamatan ini ada relevansinya dengan peneliti. Metode pengumpulan data yamg digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa Upaya dalam meningkatkan mutu yang dilakukan guru PAI di kelas XI IPS yaitu: hasil dari penilitian ini menunjukan siswa di kelas XI IPS kurangnya memahami pembelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan banyak faktor, seperti rendahnya kompetensi guru, pembelajaran tidak sesuai dengan tujuan, manajemen yang tidak tertata, dari hal ini guru mengupayakan dalam meningkatkan mutu PAI dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, cara penyampaian yang menyenangkan serta disesuaikan dengan materi pelajaran yang berkaitan dengan ibadah juga maka dengan praktik langsung, memotivasi siswa dalam belajar sehingga siswa paham dan mengerti materi yang diajarkan, dan memberikan penedekatan pembelajaran dengan metode diskusi dan tanya jawab, sehingga para siswa betul-betul menyimak apa yang di ajarkan oleh guru tersebut. Dan disini lah guru mengupayakan dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam yang mencakup kepada seluruh siswa dapat menerapakan metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan peserta didik itu sendiri sehingga proses pembelajaran dapat mencapai tujuan dari penbelajaran mutu Pendidikan Agama Islam itu sendiri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:11
Last Modified: 17 Oct 2024 05:29
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1461

Actions (login required)

View Item
View Item