Nadhiroh, Umi (2023) Metode Pembelajaran Al-Qur'an Dengan Menggunakan Yanbu'a di TPQ Darussyafaah Desa Lubuk Damai Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Nama : Umi Nadhiroh
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan
Yanbu’a di TPQ Darussyafaah Desa Lubuk Damai
Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode
pembelajaran dengan Menggunakan Yanbu’a di (TPQ) Darussyafaah Desa Lubuk
Damai Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin.
Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis data yaitu
data primer dan sekunder sedangkan subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah,
guru dan siswa. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan
pengumpulan Data (Data Collection) melakukan reduksi data (Data Reduction),
melakukan Display (penyajian data) dan melakukan Conclusion
Drawing/Verification (penarikan kesimpulan), serta dilanjutkan dengan
triangulasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran
dengan Menggunakan Yanbu’a di (TPQ) Darussyafaah Desa Lubuk Damai
Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin diantaranya sebagai berikut:
kegiatan guru dalam mengajar Al-Quran guru memilih metode yang tepat dan
sesuai dengan materi dalam pembelajaran karena adanya perbedaan kemampuan
siswa dalam belajar Al-Quran. Guru memanfaatkan beberapa metode untuk
memaksimalkan penerapan metode Yanbu’a sehingga metode pembelajaran yang
diterapkan tidak membosankan. Penggunaan metode Yanbu’a dalam
pembelajaran lebih memudahkan siswa karena siswa dibimbing dan diarahkan
dalam mempelajari Al-Quran. Upaya guru Menggunakan Yanbu’a di (TPQ)
Darussyafaah Desa Lubuk Damai Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin
yaitu menggunakan metode setoran dengan pembelajaran berpusat kepada siswa,
tugas siswa menyetorkan bacaan Al-Qurannya kepada guru secara bergantian
kemudian guru menyimak bacan siswa tersebut serta mengevaluasinya, guru juga
memberikan perlakuan khusus agar siswa mampu membaca Al-Quran secara tartil
dan fasih dengan kriteria: menerapkan makhorijul huruf secara baik dan benar,
dapat membaca Al-Quran dengan bacaan tajwid yang baik, mengetahui bacaan
yang musykilat (bacaan yang sulit) dan bacaan ghorib, memahami ilmu tajwid.
Faktor penghambat guru dalam melaksanakan metode Yanbu’a di TPQ
Darussyafaah Desa Lubuk Damai Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin
diantaranya adanya perbedaan kemampuan antar siswa dalam belajar dan
menghafal Al-Quran, minat siswa belajar al-quran masih kurang dan kurang
disiplinnya peraturan bagi siswa. Sedangkan faktor pendukung guru yaitu adanya
partisipasi orang tua dan ketersediaa beberapa media variatif untuk
memaksimalkan penerapan metode yanbu’a.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:37 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1459 |