The Correlation among Emotional Intelligence and Students' Motivation on Students' English Achievement at SMKN 6 Tanjung Jabung Barat

Fiani, Linda (2023) The Correlation among Emotional Intelligence and Students' Motivation on Students' English Achievement at SMKN 6 Tanjung Jabung Barat. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan (1) korelasi antara kecerdasan emosional dan prestasi bahasa Inggris siswa (2) korelasi antara motivasi siswa dan prestasi bahasa Inggris siswa (3) korelasi antara kecerdasan emosional, motivasi siswa dan prestasi bahasa Inggris siswa. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKN 6 Tanjung Jabung Barat, terdiri dari 6 kelas dengan total siswa adalah 108 siswa dan total sampling digunakan di penelitian ini untuk menentukan sampel penelitian. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan nilai siswa. Data kuesioner digunakan untuk mengetahui kecerdasan emosional dan motivasi siswa, sedangkan data nilai siswa digunakan untuk melihat prestasi belajar bahasa Inggris siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi atau r- diperoleh (0.209) lebih tinggi dari r-tabel (0.187). Kemudian, tingkat probabilitas (p) signifikansi (Sig.2-tailed) adalah 0.030. Artinya p (0.030) lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian, ada korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi bahasa Inggris siswa. Sementara itu, hasil korelasi menunjukkan bahwa koefisien korelasi atau r- diperoleh (0.251) lebih tinggi dari r-tabel (0.187). Kemudian, tingkat probabilitas (p) signifikansi (Sig.2-tailed) adalah 0.009. Artinya p (0.009) lebih kecil dari 0.05 yang berarti data tersebut berkorelasi. Dengan demikian, ada korelasi yang signifikan antara motivasi siswa dan prestasi bahasa Inggris siswa. Kemudian, perhitungan menunjukkan bahwa nilai signifikansi semua variabel <0.05, ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara kecerdasan emosional, motivasi siswa dan prestasi bahasa Inggris siswa. Dengan kata lain, semakin tinggi kecerdasan emosi dan motivasi siswa, maka semakin tinggi juga prestasi bahasa inggris siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:03
Last Modified: 16 Oct 2024 06:41
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item
View Item