Prayogi, Nurika Kusuma (2023) استخدام طريقة المحاورة لترقية مهارة كلام لدى الطلاب في معهد الهداية جامبي. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode pembelajaran muhawarah dalam peningkatan kemampuan berbicara bahasa arab dikelas 2 madrasah aliyah pondok pesantren Al-hidayah Jambi. Adapun tujuannya adalah: a) Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa arab dikelas 2 madrasah aliyah pondok pesantren Al-hidayah Jambi b) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode muhawarah dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab dikelas 2 madrasah aliyah pondok pesantren Al-hidayah Jambi c) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode muhawarah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian desktiptif. Pengumpulan data dengan dilakukannya observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini guru mata pelajaran bahasa arab, musyrifah bagian penggerak bahasa dan siswa kelas 2 madrasah aliyah pondok pesantren Al-hidayah Jambi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran bahasa arab dikelas 2 madrasah aliyah cukup baik (2) Penggunaan metode muhawarah dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab dan semua siswa mampu berdiri didepan kelas saat diberikan tugas oleh guru mata pelajaran bahasa arab untuk berbicara menggunakan bahasa arab sesuai dengan tema yang diberikan oleh guru. Metode ini dapat dijadikan pendukung bagi siswa dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan metode muhawarah siswa terbiasa dengan mempraktekkan berbicara menggunakan bahasa arab dengan lingkungan sekitarnya, dapat mmperkaya kosa kata bahasa arab, siswa lebih berani dalam mengekspresikan dirinya menggunakan bahasa arab dan dari kegiatan dialog sederhana didalam kelas siswa dapat meningkatkan kemapuan berbicara dan dapatmengetahui qaidah-qaidah bahasa arab 3) Faktor-faktor pendukung penggunaan metode muhawarah adalah minat peserta didik, pendidik / guru dan lingkungan berbahasa. Adapun faktor-faktor penghambat penggunaan metode muhawarah adalah kurang menguasai kosa kata bahasa arab dan kurangnya kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:43 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:11 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1451 |