Halimah, Nur (2023) سعي املدرس لرتقية مهارة الكالم بطريقة احملادثة لطالب يف م درسة الثانوية احلكومية مخسة املدينة جاميب". Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Upaya Guru untuk Meningkatkan
Maharah Kalam dengan Metode Muhadatsah siswa kelas VII MTsN 5 Kota Jambi.
keterampilan berbicara (maharah kalam) siswa tergolong rendah. Dari hasil
observasi awal juga diperoleh gambaran bahwa kesulitan yang dialami disebabkan
karena siswa kurang antusias saat proses praktik berbicara. Latar belakang siswa
kebanyakan dari lulusan Sekolah Dasar bukan dari Madrasah Ibtidaiyyah. Hal
tersebut mempengaruhi motivasinya dalam belajar bahasa Arab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
penelitian yang digunakan adalah: Manajemen dan psikologi adapun sumber data
yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab, dan
Siswa-siswi kelas VII MtsN 5 Kota Jambi. Selanjutnya, metode pengumpulan data
yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara dan
dokumentasi. Lalu, tehnik pengelohan dan analisis data dilakukan dengan melalui
empat tahapan, yaitu: reduksi data, display data, analisis perbandingan, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam proses pembelajaran bahasa
Arab, peran guru bahasa arab dalam mempelajari pembelajaran Bahasa Arab di
MTs Negeri 5 Kota Jambi sudah berupaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
hal ini ada beberapa proses pembelajaran Bahasa Arab, yaitu: pembuatan silabus,
pembuatan rencana pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Ada beberapa
upaya yang di lakukan guru dalam meningkatkan Maharah Kalam melalui metode
Muhadatsah bagi kelas VII C di MTsN 5 Kota Jambi, yaitu guru Bahasa Arab
menyediakan materi, membuat metode pengajaran seperti taqdim (presentasi),
Muhadatsah (percakapan), dan tamtsiliyyah (bermain peran) sehingga menjadi
menarik untuk dipelajari, memberikan motivasi, melakukan strategi belajar untuk
membantu peserta didik agar terampil dalam menggunakan strategi belajar yang
baik dan sesuai dengan materi yang dipelajari."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:21 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:08 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1449 |