Pendidikan Humanis dalam Islam dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia

Muanifah, Anjar (2023) Pendidikan Humanis dalam Islam dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari hak asasi manusia karena pendidikan bertujuan untuk memberi kebebasan kepada manusia untuk mempertahankan hidupnya. Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan kepribadian setiap manusia yang matang baik secara intelektual, emosional, dan spiritual. Melalui proses pendidikan, manusia dapat menjadi manusia seutuhnya dengan cara yang manusiawi,disebut pendidikan humanis. Pendidikan humanis adalah proses pendidikan yang menganut aliran humanisme, yaitu proses pendidikan yang menempatkan manusia sebagai salah satu objek terpenting dalam pendidikan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanis dalam islam dan mengetahui relevandi pendidikan humanis dalam pendidikan islam. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan, yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumentatif. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian diketahui bahwa, konsep pendidikan Islam secara khusus yaitu pendidikan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi peserta didik yang membebaskan. Pendidikan humanis dan pendidikan Islam, memiliki relevansi dalam orientasi dan proses pendidikan, sama-sama sangat menekankan humanisasi dan pembebasan sebagai orientasi pendidikan, serta menempatkan peserta didik dan pendidik sama-sama sebagai subjek dalam proses belajar mengajar. Perbedaannya adalah bahwa cakupan pendidikan Islam lebih luas dikarenakan mampu menintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:21
Last Modified: 17 Oct 2024 06:33
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item
View Item