Saputri, Ngesti Eka (2023) Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Skripsi ini dilatarbelakangi bahwa masih terdapat siswa, dimana cara belajar siswa masih sebatas mendengar dan melihat bahan ajar yang disampaikan oleh guru, penyampaian bahan ajar yang dilakukan guru masih kurang menumbuhkan semangat dan kreativitas belajar siswa, kurangnya kemampuan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran. Kemudian peneliti juga mengamati adanya kurang ketertarikan siswa-siswi terhadap metode pembelajaran pada saat jam pelajaran, sehingga timbulah rasa malas untuk memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru di depan. Kurangnya media yang dipakai oleh seorang guru, serta kurang optimalnya pendekatan guru dalam menghadapi anak didik dengan berbagai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kinerja guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pelepat Ilir.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif.Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas kinerja guru dapat diidentifikasi dengan berbagai aspek kegiatan dalam menjalankan tugas-tugas keguruan sudah cukup baik. Faktor penghambat kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah yaitu kedekatan antara guru dengan siswa, adanya keterbatasan pemahaman terhadap komputer, tidak adanya pelatihan yang dilakukan oleh pihak sekolah mengenai pemahaman tentang komputer, sarana dan prasarana yang belum memadai sepenuhnya, terkendala oleh sinyal dikarenakan masih termasuk daerah pelosok. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pada kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dengan mencari sumber belajar yang relevan, mempererat komunikasi dengan siswa serta mengikuti berbagai pelatihan yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang berbeda-beda disetiap materi pembelajaran PAI agar siswa tidak merasa jenuh dengan cara pengajaran yang dilakukan guru, serta guru lebih banyak belajar lagi untuk peningkatan kinerja guru tersebut.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 01:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:58 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1439 |