PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII

Fadillah, Nurul (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model Project Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik pelajaran Biologi materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII,berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti dengan guru mata pelajaran Biologi pada bulan Mei 2022 di SMP Negeri 2 Kemuning menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA Biologi masih menggunakan metode ceramah dan buku ajar, tugas yang diberikan ke peserta didik hanyalah dalam bentuk LKS. Dengan menggunakan metode ceramah ini menimbulkan rasa bosan sehingga peserta didik menjadi cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Selain itu metode ceramah ini membuat kurang berpartisipasinya peserta didik dalam proses pembelajaran dengan kata lain peserta didik lebih banyak diam dan guru lebih aktif. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Lerning terhadap motivasi belajar peserta didik pelajaran Biologi materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dan pendekatan ini berbentuk two group randomized posttest only control design. Pada penelitian ini peneliti mengambil dua kelas yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil angket dari kelas kontrol dari hasil tes tersebut di peroleh jumlah hasil 2687, dengan rata-rata 86,68, simpangan aku 9,83, nilai tertinggi 100 dan terendah 66, hasil angket kelas eksperimen dari hasil jawaban siswa di peroleh jumlah hasil 2892, dengan rata-rata 93,29 simpangan baku 8,78, nilai tertinggi 112 dan terendah 77. Hasil t0 atau test yang diperoleh dalam perhitungan untuk hasil belajar setelah diberikan model Project Based Lerning, t0 = 2.96 lebih besar daripada ttabel (baik pada taraf signifikan 5% ataupun 1%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Lerning terhadap motivasi belajar peserta didik pelajaran Biologi materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:46
Last Modified: 16 Oct 2024 01:53
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item
View Item