Nabila, Nabila (2023) Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur‟an Siswa pada Pelajaran Al-Qur‟an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keterampilan siswa dalam
membaca Al-Qur‟an pada pelajaran Al-Qur‟an Hadis di kelas VII.2 Madrasah
Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak Kabupaten Muaro Jambi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
metode drill dan menganalisis penerapan metode drill dalam meningkatkan
keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa pada pelajaran Al-Qur‟an Hadis di
Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak Kabupaten Muaro
Jambi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
terdiri dari dua siklus. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik
pengumpulan data berupa tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tingkat keterampilan siswa dalam
membaca Al-Qur‟an mengalami peningkatan pada tiap siklus yang dibuktikan
dengan persentase ketuntasan hasil tes pada tahap pra siklus sebesar 36%
meningkat menjadi 48% pada siklus I dan 76% pada siklus II. Dari hasil tes
tersebut disimpulkan bahwa ada pengaruh metode drill terhadap keterampilan
membaca Al-Qur‟an siswa dan penerapan metode drill dapat meningkatkan
keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa pada Pelajaran Al-Qur‟an Hadis di
Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak Kabupaten Muaro
Jambi.
Kata kunci: metode drill, keterampilan membaca Al-Qur‟an, Al-Qur‟an Hadis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:37 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1425 |